Filosofi Minang Kabau " ALAM TAKAMBANG JADI GURU "

Setiap orang di minang kabau sadah paham sekali dengan filosofi " ALAM TAKAMBANG JADI GURU " karena filosofi ini mengajarkan masyarakat di minang kabau belajar dari alam dan lingkungan sekitar atau menjadikan alam dan lingkungan sekitar sebagai guru untuk pembelajaran dalam kehidupan sehari - hari.
Dengan seperti itu apa yang tidak bisa dipelajari melalui pendidikan formal bisa dipelajari melalui alam dan lingkungan ini dengan kata lain menjadikan alam sebagai guru dalam kehidupan sehari - hari.

Sehingga dengan menjadikan filosofi  " ALAM TAKAMBANG JADI GURU " sebagai filosofi hidup dapat membantu masyarakat minang cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar terutama masyarakat minang yang pergi merantau ke daerah lain dapat menyesuikan diri dengan lingkungan barunya.

Sebagai contoh belajar dari padi semakin padi berisi maka dia akan semakin merunduk , ilmu padi ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari karena mengajarkan jika seseorang semakin banyak ilmunya atau semakin banyak hartanya atau semakin sukses maka harus semakin rendah hati dan tidak sombong, dan banyak lagi yang dapat kita pelajari dari alam ini.
LihatTutupKomentar